DARI GEMBEL BERJUANG HINGGA MENJADI MILYARDER - Vicious

DARI GEMBEL BERJUANG HINGGA MENJADI MILYARDER

1 bulan yang lalu      sukses

Apakah kalian pernah menonton film Pursuit Of Happiness? Untuk kalian yang sudah menonton film tersebut, pastinya pernah mendengar nama Chris Gardner. Film yang dibintangi oleh Will Smith ini berasal dari cerita nyata yang dialami oleh Chris Gardner. Gentlemen satu ini bisa dikatakan adalah gentlemen yang berusaha bertahan hidup bersama anak laki – lakinya dari keadaan yang paling terpuruk.

Chris Gardner yang dikenal sekarang adalah seorang miliarder, sukses, motivator, entrepreneur, dan filantropis ini ternyata dulunya pernah mengalami hal – hal yang amat terpuruk yang tidak pernah dibayangkan.

 

DITINGGALKAN ISTRI

 

Chris Gardner menikah pada tahun 1977 dengan seorang perempuan bernama Sherry Dyson. Yang awalnya kehidupan rumah tangganya baik, pada saat itu juga Chris Gardner berpikir dan memberi tahu istrinya, dia ingin meninggalkan mimpinya untuk menjadi dokter.

Hubungannya dengan istrinya mulai berantakan, yang sebagian sebabnya  karena dia ingin meninggalkan karir medis dan juga karena perbedaan perilaku mereka. Ketika masih tinggal bersama dengan istrinya, ia memulai perselingkuhan dengan seorang mahasiswa kedokteran gigi benama Jackie Medina. Sembilan tahun berlalu sebelum Gardner dan Sherry akhirnya bercerai secara legal pada tahun 1986, anak mereka (Chris Gardner dan Jackie Medina), Christoper Jarrett Medina Gardner, lahir pada tahun 1981.

 

TIDAK PUNYA RUMAH

 

Pada awal tahun 1980an, Gardner dengan anaknya kehilangan tempat tinggal hampir selama satu tahun di Sans Francisco. Dengan mengikuti skema pelatihan dengan bayaran terendah di sebuah pialang saham, ia tidak memiliki cukup uang untuk menyewa apartemen.

 

BERTAHAN HIDUP TANPA TEMPAT TINGGAL

 

Karena tidak memilki tempat tinggal, Gardner dengan anaknya, Christopher Jarrett Medina Gardner tidur dimanapun mereka bisa tidur. Selain toilet di stasiun kereta api, mereka tidur di taman, di tempat penampungan gereja, atau di bawah mejanya bekerja setelah semua orang pulang. Mereka makan di dapur umum, dan sedikit uang yang ia habiskan untuk menempatkan anaknya di tempat penitipan anak agar ia bisa pergi bekerja.

 

AWAL NASIB TERBURUK YANG MENIMPA CHRIS GARDNER

 

Gardner kembali ke Sans Francisco bertekad untuk sukses dalam bisnis. Dalam sebuah momen, setelah melakukan penjualan ke San Francisco General Hospital, dia bertemu dengan seorang pria berpakaian rapi di Ferrari merah. Penasaran, ia pun bertanya tentang karirnya. Pria itu mengatakan kepadanya bahwa ia adalah pialang saham dan, sejak saat itu, Gardner memutuskan jalan karirnya.

Pialang saham itu adalah seorang pria bernama Bob Bridges. Dia bertemu dengan Gardner dan memperkenalkannya tentang dunia keuangan. Bridges mempertemukan Gardner dengan manajer cabang di perusahaan pialang saham utama yang menawarkan program pelatihan. Selama dua bulan berikutnya, Gardner membatalkan atau menunda janji penjualannya dan tiket parker mobilnya menumpuk saat dia bertemu dengan para manajer.

 

BERLANJUTNYA NASIB BURUKNYA

 

Dia kemudian berhenti dari pekerjaan penjualannya sehingga dia bisa mendedikasikan waktunya secara eksklusif untuk pelatihan sebagai pialang saham. Kemudian dia muncul di kantor dan hanya mengetahui bahwa manajer yang merekrutnya telah dipecat seminggu sebelumnya. Lebih buruknya lagi, hubungan Gardner dengan Jackie berantakan. Menurut Gardner, polisi menyaksikan sebuah kejadian dimana Jackie melarikan diri bersama Christopher dan Gardner berusaha membawa anaknya kembali.

Awalnya Gardner ditangkap untuk kejadian ini, namun sebuah pengecekan identitas pada plat nomor mobilnya membuat mereka menahannya karena tidak membayar denda parkir. Dia dibawa ke penjara dan seorang hakim memerintahkan agar dia ditahan di sana, selama sepuluh hari, sebagai hukuman karena tidak dapat membayar tiket parkir sebesar 1.200 dolar.

 

AWAL PERJALANAN KESUKSESAN

 

Ketika Gardner pulang dari penjara, ia menemukan apartemennya kosong. Tanpa pengalaman, tanpa pendidikan tinggi, hampir tidak ada koneksi, dan dengan pakaian kasual yang sama seperti yang dia kenakan pada hari dia ditahan, Gardner mendapatkan  posisi dalam program pelatihan pialang saham Dean Witter Reynolds. Namun, program ini tidak memberikan gaji, selain menjual peralatan medis yang membawa 300-400 dolar sebulan di awal tahun 1980an, dan tanpa tabungan, dia tidak dapat memenuhi biaya hidupnya.

Gardner bekerja untuk menjadi top trainee Dean Witter Reynolds. Dia tiba di kantor lebih awal dan pulang terlambat setiap hari, terus-menerus menelepon ke calon klien dengan tujuannya 200 panggilan per hari. Ketekunannya terbayar ketika, pada tahun 1982, Gardner lulus Ujian Seri 7 pada percobaan pertama dan menjadi pegawai penuh perusahaan tersebut.

Akhirnya ia bisa menyewa rumah untuk dirinya sendiri dan anaknya, karirnya kemudian dengan cepat naik, dan pada tahun 1987 ia membuka perusahaan investasinya sendiri, Gardner Rich.

 

PERJALANAN HIDUPNYA DIJADIKAN FILM

 

Karena kisah perjalan hidupnya begitu memiliki makna dan terinspiratif, kisah hidupnya dijadikan film yang bahkan dibintangi oleh aktor terkenal yaitu Will Smith dan anaknya, Jaden Smith dengan judul film ‘The Pursuit Of Happiness’. Film ini telah ditonton dan menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia. Banyak sekali penonton yang meneteskan air mata saat menonton film ini. Kamu wajib nonton men!

Chris Gardner adalah sosok gentlemen yang paling pantang menyerah dan mencoba segala kesempatan yang ada meskipun peluang kesuksesannya kecil. Ia ada sosok gentlemen yang tidak akan menyerah dengan keadaan yang dialaminya meskipun dalam keterpurukan sekalipun. Gentlemen satu ini membuktikan kepada kita bahwa tidak ada orang sukses hanya karena keberuntungannya, melainkan kemauan dan usaha orang tersebut yang akan membawa dirinya menuju kesuksesan.

Sumber

 




Komentar Artikel "DARI GEMBEL BERJUANG HINGGA MENJADI MILYARDER"